Cari
  • PSII Indonesia

Pengembangan Infrastruktur Skala Besar, Kolaborasi Diandalkan

Diperbarui: Mei 17


Kolaborasi dengan masyarakat setempat melalui sosialisasi rencana pembangunan, konsultasi publik, hingga pemberdayaan masyarakat pada proses pembangunan dan pemanfaatannya akan mampu meningkatkan manfaat dari pembangunan infrastruktur. 

Pembangunan infrastruktur dalam skala besar menjadi prioritas pada masa pemerintahan Presiden Jokowi. Persiapannya terus dikebut untuk mencapai target pembangunan. Pembangunan infrastruktur yang rencananya dilakukan secara merata hingga pelosok negeri diperkirakan mampu katalisator pengembangan ekonomi daerah, memberikan multiplier effect bagi pengembangan berbagai sektor, hingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Pemerintah akan terus membangun infrastruktur pada tahun 2019. Berbagai infrastruktur yang rencananya akan dibangun meliputi jalan, bendungan, hingga jaringan irigasi. Secara rinci, perencanaan pembangunan infrastruktur ditargetkan untuk membangun 667 kilometer ruas jalan nasional baru, 905 kilometer jalan tol, 48 unit bendungan, dan 162 ribu hektar jaringan irigasi.


Pemerintah berencana melakukan berbagai terobosan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur berskala besar tersebut. Dalam hal pembiayaan, pembangunan infrastruktur direncanakan banyak melibatkan investasi dari pihak swasta. Namun demikian, pemerintah tetap melaksanakannya dengan prinsip kehati-hatian untuk mengurangi risiko dalam membangun infrastruktur.


Pembangunan infrastruktur dalam skala besar bukanlah hal mudah untuk direalisasikan dalam jangka waktu yang pendek. Selain tantangan dalam hal pembiayaan sejak tahap awal, kendala lapangan pada tahap implementasi pun mungkin terjadi, seperti masalah pembebasan lahan yang kerap kali diikuti oleh aksi penolakan dari masyarakat sekitar lokasi pembangunan. Oleh karenanya, diperlukan kerjasama dari berbagai pemangku kepentingan dan pihak swasta sejak awal perencanaan investasi infrastruktur. Kolaborasi dengan masyarakat setempat melalui sosialisasi rencana pembangunan, konsultasi publik, hingga pemberdayaan masyarakat pada proses pembangunan dan pemanfaatannya akan mampu meningkatkan manfaat dari pembangunan infrastruktur.

Disadur dari Hendra Kusuma dalam finance.detik.com pada 16 Agustus 2018

1 tampilan

Hubungi Kami

Pusat Studi Infrastruktur Indonesia

Jalan Danau Jempang Blok B3 No. 81

Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat

  • Black Facebook Icon
  • Black Twitter Icon
  • Black Instagram Icon

© 2020 by Pusat Studi Infrastruktur Indonesia