top of page

Webinar PSII Menghasilkan Diskusi yang Substansial tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Infrastruktur

Diperbarui: 15 Mar

[Jakarta, 09 Maret 2024] - Pusat Studi Infrastruktur Indonesia (PSII) dengan bangga mengumumkan kesuksesan webinar terbarunya yang berjudul "Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Infrastruktur," yang diadakan pada tanggal 8 Maret 2024


Webinar ini berhasil menarik perhatian sekitar 100 peserta yang aktif berpartisipasi dalam diskusi yang sangat substansial dan mendalam. Berbagai isu penting seputar pengarusutamaan gender dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia telah dibahas dengan detail oleh para narasumber dan peserta.


Dalam webinar ini, menghadirkan pembicara yang terdiri dari Ir. Lilla Noerhayati (Ahli Pengarusutamaan Gender PUPR), Sri Wiyanti Eddyono, S.H., LL.M.(HR), Ph.D. (Dosen Fakultas Hukum UGM), dan Ir. Widjajanti Isdijoso, M.Ec.St (Direktur The SMERU Research Institute) memberikan wawasan mendalam tentang berbagai aspek pengarusutamaan gender dalam pembangunan infrastruktur.


Hasil diskusi utama dari webinar ini menekankan bahwa adanya perspektif ganda tentang pengarusutamaan gender dalam pembangunan infrastruktur, pentingnya peraturan undang-undang yang adil gender, permasalahan marginalisasi gender, berbagai tantangan dalam pembangunan perkotaan, infrastruktur yang tidak memperhatikan gender, pentingnya identifikasi gender dalam penyelenggaraan PUPR, dan peran kesetaraan gender dalam pengambilan keputusan.


Dari diskusi yang intens ini, ditarik beberapa kesimpulan dan rekomendasi untuk tindak lanjut, antara lain pemetaan data gender, action plan lokal, penerapan kesetaraan gender dan K3, pendidikan gender untuk pria, dan peran perempuan dalam infrastruktur.


berharap hasil diskusi ini dapat menjadi landasan bagi langkah-langkah selanjutnya dalam memperkuat pengarusutamaan gender dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Tingginya antusias dan banyaknya pertanyaan dari berbagai peserta memungkinkan bagi PSII untuk menyelenggarakan kegiatan serupa baik dalam bentuk webinar ataupun workshop menindaklanjuti tema webinar kali ini.




Artikel Webinar Pengarusutamaan Gender
.pdf
Unduh PDF • 13.16MB


Kontak Media:

Malindo Andhi Saputra Marpaung

Program Director

Pusat Studi Infrastruktur Indonesia (PSII)

32 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page