top of page

URBAN SOCIAL FORUM (USF)

ANOTHER CITY IS POSSIBLE!

"Kolaborasi Untuk Mimpi Perkotaan Yang Lebih Baik"
Mengenal lebih dalam 10th Urban Social Forum (USF)

Urban Social Forum adalah kegiatan yang berupa agenda tahunan berbentuk ruang terbuka dan inklusif untuk berdiskusi tentang gagasan, pengalaman dan pengetahuan, serta ruang bertemu dan berjejaring aktivis sosial urban dan organisasi yang bergiat di isu-isu perkotaan di Indonesia. Sejak adanya inisiasi oleh Yayasan Kota Kita di tahun 2013, USF telah melibatkan ribuan mahasiswa, aktivis, akademisi, praktisi, komunitas, dan organisasi isu perkotaan dan memfasilitasi ruang-ruang diskusi dan kolaborasi di Solo, Bandung, Surabaya, Semarang, dan Makassar. Kegiatan USF bertujuan menyatukan masyarakat sipil perkotaan yang sering terfragmentasi. Dengan fokus ruang terbuka, masyarakat umum, institusi, maupun organisasi dapat berpartisipasi dalam diskusi, menciptakan jaringan, dan bersatu. Dari tahun ke tahun, USF membawa tema besar “Another City is Possible!”, sebuah ajakan publik untuk bersama-sama bermimpi, menggagas ide dan inisiatif kerja dan kolaborasi, untuk menciptakan kota yang sejahtera dan dibangun atas partisipasi masyarakat. Puncak acara USF ke-10 yang berlangsung pada 9-10 Desember 2023 di dua lokasi Surakarta, SMPN 10 Surakarta dan Lokananta. dibuka dengan seruan bersama untuk merayakan kembali semangat kewargaan di kota. Sesi diskusi lalu dimulai dengan pleno bertajuk “Mencari Kota Idaman : Gerakan Masyarakat Mengubah Kota” yang diorganisir oleh Kota Kita.

 
Panel Diskusi dan Lokakarya yang Penuh Insight

10th Urban Social Forum  pada hari pertama pada 9 Desember 2023 dibuka dengan menarik melalui rangkaian mata acara Pleno Pembuka dengan topik “Mencari Kota Idaman: Gerakan Masyarakat Mengubah Kota” dan Pertunjukan Tari oleh murid SMPN 10 Surakarta. Acara dilanjutkan dengan berbagai panel diskusi dan lokakarya. Pada hari pertama, terdapat 11 panel diskusi dan 4 lokakarya dengan topik-topik yang sangat beragam dan insightful.


Belajar dan bertukar pikiran di Gerai komunitas 

Selain panel diskusi dan lokakarya, ada pula gerai komunitas di Urban Social Forum ini. Terdapat beberapa booth dari berbagai komunitas. Pusat Studi Infrastruktur telah berkunjung dan berinteraksi dengan booth-booth yang sangat interaktif dan inovatif seperti bermain board game tentang isu gender equity dari Indonesia Inklusi dan mencermati perubahan wajah Kota Surakarta di berbagai objek dari Lentera Basuki. Di samping itu, masih banyak booth-booth menarik lainnya dari berbagai komunitas seperti Cleanaction, Kota Kita, Gerkatin Solo x MES56, RE-PUBLIK FOTO, Suarise, dan WALHI x Gita Pertiwi.

 
Peranan Pusat Studi Infrastruktur Indonesia  dalam Urban Social Forum

Pusat Studi Infrastruktur Indonesia (PSII) berkegiatan di boothcamp pada hari Minggu, 10 Desember 2023. Dalam acara Urban Social Forum, Pusat Studi Infrastruktur Indonesia (PSII) juga menjaring kolaborasi untuk riset, proyek dan pelaksanaan NUF serta riset yang sedang berjalan maupun selesai seperti penanganan pascabencana Palu, walkability transition di jalur pedestrian Sudirman, perkotaan dalam COVID-19, dan lainnya. Adanya beragam jenis buku, brosur, booklet, poster, dan penayangan pameran virtual yang dapat diakses secara fleksibel oleh peserta yang hadir dan cukup interaktif menjadikan peserta aktif untuk bertanya, berpendapat, serta tukar pikiran terhadap riset yang dilakukan oleh PSII. Umumnya peserta yang menghadiri boothcamp PSII berasal dari beragam jenis organisasi/institusi maupun perseorangan yang didominasi oleh mahasiswa dan penggiat NGO. Selain itu, adanya riset yang dilakukan oleh PSII banyak melibatkan stakeholder sehingga ada beberapa peserta yang ingin terlibat dalam riset.


Harapan mereka untuk Pusat Studi Infrastruktur Indonesia dan USF kedepannya

Adanya riset dan kegiatan yang dilakukan oleh Pusat Studi Infrastruktur Indonesia tidak lepas dari adanya harapan bagi urbanism maupun masyarakat umum agar menjadi lebih baik.  Adanya harapan bagi mereka untuk Pusat Studi Infrastruktur Indonesia dan Urban Social Forum meliputi :

  • Kebaruan ilmu pengetahuan dan riset yang dilakukan dapat diupayakan dengan memerhatikan isu-isu yang berkembang saat ini maupun di masa depan;

  • Banyaknya kolaborasi perlu menjadi acuan agar riset yang dilakukan melibatkan stakeholder yang terlibat; dan

  • Adanya partisipasi publik dalam pelibatan riset yang dilakukan oleh Pusat Studi Infrastruktur Indonesia

 
Dokumentasi Kegiatan Pusat Studi Infrastruktur Indonesia
dalam Urban Social Forum (USF)
Artikel Pusat Studi Infrastruktur Indonesia dalam Urban Social Forum (USF)
.pdf
Unduh PDF • 5.71MB

Korespondensi Penulis

Muhammad Firdaus / firdausdanoe@gmail.com

Rahastuti Tiara Adysti / tiaraadysti@gmail.com

Andhika Dwipayana / dwipayanaandhika@gmail.com

 

58 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page