HomeTentang Pusat Studi Infrastruktur PSI

Tentang Pusat Studi Infrastruktur PSI

Profil Pusat Studi Infrastruktur (PSI)

Pusat Studi Infrastruktur atau PSI adalah Lembaga studi yang berkecimpung di bidang penataan ruang, transportasi, air minum dan sanitasi, energi, serta lingkungan.

Menurut American Public Works Association (Stone, 1974 Dalamkodoatie, R.J., 2005),

Infrastruktur adalah fasilitas-fasilitas fisik yang dikembangkan atau dibutuhkan oleh agen-agen publik untuk fungsi-fungsi pemerintahan dalam penyediaan penataan ruang, transportasi, air minum dan sanitasi, energi, serta lingkungan dan pelayanan-pelayanan similar untuk memfasilitasi tujuan-tujuan sosial dan ekonomi.

Definisi teknik: infrastruktur merupakan aset fisik yang dirancang dalam sistem sehingga memberikan pelayanan publik yang penting

Sistem infrastruktur didefinisikan sebagai fasilitas atau struktur dasar, peralatan, instalasi yang dibangun dan yang dibutuhkan untuk berfungsinya sistem sosial dan sistem ekonomi masyarakat (grigg, 2000 dalam kodoatie, r.j., 2005)

Hubungan Antara Sistem Sosial, Ekonomi, Infrastruktur dan Lingkungan Alam yang Harmoni

Peran infrastruktur sebagai mediator antara sistem ekonomi dan sosial dalam tatanan kehidupan manusia dan lingkungan alam menjadi sangat penting. Menurut Grigg, 1988 Dalam Kodoatie, R.J., 2005, lingkungan alam merupakan pendukung sistem infrastruktur, sistem ekonomi didukung oleh sistem infrastruktur, sistem sosial sebagai objek dan sasaran didukung oleh sistem ekonomi. Peran infrastruktur tersebut ditunjukkan melalui bagan berikut :

Kondisi yang harmonis harus tetap terjaga, dalam arti infrastruktur tidak kekurangan (berdampak pada manusia), tapi juga tidak berlebihan tanpa memperhitungkan daya dukung lingkungan alam karena akan merusak alam dan pada akhirnya berdampak juga kepada manusia dan makhluk hidup lainnya.

Pembangunan infrastruktur di Indonesia yang ada saat ini merupakan pembangunan yang bersifat jangka pendek dan sporadis. Sehingga masyarakat kurang dapat merasakan hasil pembangunan dan kurang merata di semua lapisan masyarakat. Dilandasi oleh keprihatinan itu dan dalam rangka mencari solusi agar pembangunan menjadi lebih sustainable dan terintegrasi, maka pada akhir tahun 2013 berdirilah Pusat Studi Infrastruktur (PSI).

Para praktisi dan akademisi dengan berbagai latar belakang pengalaman dibidang sektor tata ruang, transportasi, air bersih, banjir dan sanitasi; dan lingkungan, yang memiliki tujuan yang sama berkumpul dalam PSI. Dengan berbekal pengalaman tersebut, PSI berusaha untuk menjadi jembatan untuk mempercepat proses terciptanya pembangunan infrastruktur di Indonesia yang berkelanjutan.

PSI juga menyediakan data penunjang infrastruktur yang berasal dari survey langsung dilapangan dan dapat diakses secara bebas.

Visi

Menjadi katalisator dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan.

Misi

  1. Memberikan layanan data dan informasi yang lengkap, relevan, dan terpercaya mengenai infrastruktur.
  2. Meningkatkan kepedulian stakeholder tentang pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan.
  3. Menjadi pendorong terwujudnya pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan.
  4. Menjalin kerjasama antar stakeholder yang peduli terhadap pembangunan dan penyediaan infrastruktur mendukung keberlanjutan lingkungan hidup.
Website designed for Pusat Studi Infrastruktur Indonesia